Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7, 8 Dan 10

No comment 634 views

Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7, 8 Dan 10 – bingung kinerja laptop kamu tidak optimal? kita perlu tahu jika windows merupakan produk dari Microsoft yang terus berkembang dan berusaha untuk memanjakan penggemarnya dengan beberapa aplikasi yang mirip dengan gadget terutama pada windows 8. Tapi pernahkah kamu mengalami komputer kamu ngelag dan lemot ketika sedang asik-asiknya berselancar di Internet atau di tengah pekerjaanyang menumpuk.  Tenang berikut akan dibahas tentang cara mengatasi komputer lemot windows 7, 8 dan 10. Tak hanya tubuh, komputer juga perlu perawatan secara berkala dengan melakukan beberapa tune-up sederhana agar semuanya bisa berjalan dengan maksimal. Namun, jika dirasa masalah komputer Kamu cukup berat, kamu bisa instal ulang windows di laptopmu atau bisa meng-upgrade komponen hardware.

Baik, langsung saja berikut beberapa cara mengatasi laptop yang lemot Windows 7, 8 dan 10. Tidak perlu panik saat mengalami windows kamu terasa lemot, kamu perlu sedikit tahu ilmunya bagaimana cara mengatasi komputer lemot Windows 7,8 dan 10.

 

cara-mengatasi-laptop-lemot-pada-windows-7-8-dan-10

 

  1. Mengatasi komputer lemot dengan menghapus ‘Junk File’ yang menumpuk

Salah satu hal yang membuat laptop kamu lemot yaitu ada Junk file yang menumpuk dan memenuhi harddisk. Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan tool ‘Windows Clean up’. Selain tool ‘Windows Disk Cleanup’, kamu bisa juga menggunakan software lain seperti Ccleaner.

 

  1. Booting Windows lama

Booting windows kamu lama dan lelet? Cara mengatasi windows 7 lemot terutama pada bagian booting kamu bisa mulai masuk ke ‘System Configuration’ dengan mengetikkan “msconfig” pada kolom ‘Run’. Lakukan setting  pada tab ‘Boot’ dengan mengoptimalkan jumlah processor di ‘Boot Advanced Options’. Hilangkan aplikasi yang tidak ingin langsung berjalan atau hilangkan juga start up yang tidak penting ketika komputer dinyalakan dengan cara menghilangkan tanda ceklis pada daftar aplikasi di tab ‘Startup’. Seleksi ‘Service’ yang berjalan.

 

  1. Matikan Visual Effect

Kamu bisa mematikan visual effect yang tidak perlu, ini berguna untuk mempercepat perfoma pada saat kamu menjalankan Windows 8 / 8.1. hal ini juga slaah satu cara mengatasi windows 8 kamu yang lelet. Buka Advanced System Settings, kemudian pada Perfomance pilih Settings, lalu Pilih opsi Let Windows Choose What’s Best For my Computer.

 

  1. Data File “Berantakan”

Selain melakukan Disk Cleanup untuk membersihkan “Junk File”, kamu juga perlu melakukan Disk Defragment agar beban kerja komputer lebih ringan. Tools bawaan Windows ini akan membantu merapikan penempatan file-file yang kamu simpan, Sehingga bisa meningkatkan  kecepatan dalam proses melakukan searching data yang. Defragment juga berfungsi untuk merapikan file berdasarkan jenis file sehingga bisa memperpanjang umur harddisk dan menjaga kinerja komputer.

 

  1. Me-Repair Registry

Salah satu penyebab komputer lambat/lemot juga Registry error. Registry error bisa saja disebabkan oleh proses install-uninstall software yang tidak sempurna.Untuk membersihkannya bisa dengan software ‘Auslogic Registry Cleaner’. Caranya mudah, Tutup semua program yang sedang berjalan, lalu Jalankan Auslogics Registry Cleaner, dan Seleksi dengan ceklis daftar registry dari program mana saja, Klik ‘Scan’ lalu ‘Repair’.

 

  1. Hapus malware, Virus dan Adware

Virus yang menginfeksi bisa menambah beban kinerja komputer karena mamakan kinerja komputer dan akhirnya membuat komputer lemot/lambat.
Untuk mengatasinya instal program antivirus dan jangan lupa melakukan update antivirus agar antivirus dapat mengenali virus terbaru dan meningkatkan kemampuannya membasmi virus. Saat virus sudah terlanjur menjangkit sistem yang menyebabkan file sistem corrupt. Yang harus dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan instal ulang operating sistem.

 

  1. Tidak Menggunakan Themes

Jika kamu suka menggunakan skin atau tema untuk Windows, itu akan memakan resource memory kamu dan malah akan membuat perfoma windows menjadi lambat. Bahkan sering kali akan menimbulkan error pada system.

 

  1. Hardware overheat.

Hardware overheat secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer baik itu pada hardisk, cpu maupun yang lainnya dan yang pada akhirnya akan membuat komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus dapat berputar dengan lancar.

 

  1. Masalah konektifias pada jaringan

Selain masalah hardware, ada hal lain yang bisa membuat laptop lemot yaitu trafic jaringan yang tinggi, sitch atau hub yang hang, atau adanya virus yang mencoba untuk masuk ke sistem komputer bisa menjadi penyebab kinerja komputer menurun. Untuk cara mengatasi windows lemot, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card kemudian restart Switch/hub dan gunakan program bantuan dari pihak ketiga untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer.

 

Itu lah berbagai cara mengatasi laptop yang lemot pada windows 7, 8 dan 10, semoga bermanfaat.

author

Leave a reply "Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7, 8 Dan 10"