Cara Mengecek Transistor PNP dan NPN

No comment 714 views

Mengecek ukuran transistor PNP maupun NPN sebenernya sangtalah mudah.  Karena pada dasarnya transistor adalah komponen semikonduktor  elektronika yang memiliki 3 kaki yaitu Basis, Kolektor dan Emitor. Salah satu fungsi transistor yaitu sebagai penguat, saklar penyetabil tegangan, dan modulasi signal. Susunan Transistor dapat dibedakan menjadi dua bagian yang akan biasa digunakan yaitu transistor PNP dan transistor NPN. untuk simbolnya masing-masing transistornya akan seperti ini seperti gambar dibawah ini:

 

cara-cek-transistor-pnp-dan-npn

 

Transistor NPN adalah kependekan dari  Negatif-Positif-Negatif dan transistor  PNP adalah juga kependekan dari Positif-Negatif-Positif. Untuk menentukan kaki-kaki transistor apakah transistor PNP atau bisa juga NPNitu mudah sekali. Caranya untuk mengecek transistor.bagai awal pemahaman cara mengetahui kondisi transistor PNP atau NPN kita ukur menggunakan alat ukur multimeter. Nah berikut cara cek transistor:

 

cek-transistor-pnp-dan-npn

 

Cara Cek Kondisi transistor PNP:

  1. Atur Selektor Multimeter ke arah Ohmmeter dan pilih skala ukur X 1K.
  2. lalu hubungkan probe multimeter (+) pada basis dan probe (-) pada kolektor.
  3. Jika multimeter menunjuk ke angka 5-20K berarti transistor baik,
  4. Kemudian lepaskan kedua probe lalu hubungkan probe multimeter (-) pada basis dan probe (+) pada kolektor.
  5. Jika jarum bergerak berarti transistor tidak rusak bocor tembus B-C.
  6. Kemudian Hubungkan probe multimeter (+) pada basis dan probe (-) pada emitor (E).
  7. Jika angka yang ditunjukkan multimeter sekitar 5-20K berarti transistor baik, jika tidak maka transistor rusak putus B-E.

 

Jika kita sudah mengetahu cara mengecek jenis transistor pnp dan npn, maka selanjutnya mari kita coba untuk mengecek transistor npn apakah rusak juga atau dlam kondisi baik. Berikut caranya.

 

Cara cek Kondisi Transistor NPN:

  1. Atur Posisi Saklar pada Posisi OHM (Ω) x1k.
  2. Kemudian Hubungkan Probe Hitam pada Basis (B) dan Probe Merah pada Emitor (E), Jika jarum bergerak ke kanan dan menunjukan nilai tertentu, berarti Transistor dalam kondisi baik
  3. Terus Pindahkan Probe Merah ke Kolektor (C), apabila  jarum bergerak ke kanan menunjukan nilai tertentu juga,maka Transistor NPN juga  dalam kondisi baik.

 

Jadi kesimpulannya, kita harus tahu jenis transistornya terlebih dahulu baru  baru kita bisa mengecek keadaan transistor. Bagaimana? Mudah kan? Selamat mencoba 😀

author

Leave a reply "Cara Mengecek Transistor PNP dan NPN"