Cara Mengukur Tahanan Resistor Dan Ampere Menggunakan Multimeter

Cara menggunakan Multimeter - Multimeter merupakan alat untuk memeriksa tegangan DC maupun AC, hambatan, arus yang ada pada rangkaian  elektronika. Dengan multimeter kita juga bisa mengecek apakah di komponen tersebut ada tegangan atau tidak. Nah fungsi inilah yang membantu para hobi elektronika dalam hal pengukuran dan pengecekan kondisi rangkaian elektronika mereka.

Salah satu fungsi Multimeter yaitu  sebagai Amperemeter dalam mengukur kuat arus listrik Ampere (mA). Resistor adalah komponen elektronika yang difungsikan untuk menahan atau menghambat arus listrik. Nah berikut bagaimana cara membacar multimeter dalam perhitungan unutk mengukur ampere Pada Arus listrik dan Ohm pada resistor.

 

cara-mengukur-tahanan-resistor-dan-ampere-menggunakan-multimeter

 

Cara mengukur resistor menggunkan multimeter

Unutk mengetahui berapa ohm pada resistor kamu, maka ini lah cara mengukur resistor pada multimeter, sebelum itu bagian yang paling penting dalam pengukuran ini adalah pengaturan pengali pada knop multimeter, Kalibrasi dan pembacaan skala.:

  1. Siapkan multimeter dan resistor yang ingin di ukur.
  2. Tancapkan probe merah ke (+) dan probe hitam ke (–). pastikan dan biasakan warna probe sesuai dengan terminalnya.
  3. Baca besar resistor berdasarkan warna pada gelang resitor.
  4. Putar pengali knop multimeter kearah besarnya tahan yang akan diukur.
  5. Lakukan kalibrasi alat ukur.
  6. Seteah seledai melakukan kalibrasi lalu baca skala yang muncul di laya multimeter.

Setelah mengatahui cara ukur resistor, selanjutnya yaitu bagaimana cara mengukur amepere meter menggunakan multimeter.  Amperemeter merupakan satuan arus listrik, unutk perhiitungannya chek it out dibawah ini:

 

Cara Mengukur Arus Listrik (Ampere) menggunakan multimeter:

  1. Atur Saklar ke posisi Selektor ke DCA.
  2. Atur skala sesuai dengan perkiraan arus yang akan diukur. Atur skala agar tidak kurang dari alat yang mau diukur. Karena Jika Arus yang kita diukur melebihi skala yang dipilih, maka fuse dalam Multimeter akan putus.
  3. Putuskan Jalur catu daya yang terhubung ke beban.
  4. Hubungkan probe Multimeter ke terminal Jalur yang kita putuskan tersebut. Probe Merah ke Tegangan Positif (+) dan Probe Hitam Tegangan (-)
  5. Baca hasil pengukuran di Display Multimeter.
author

Leave a reply "Cara Mengukur Tahanan Resistor Dan Ampere Menggunakan Multimeter"