Cara Mudah Menggunakan Mobil Matic

No comment 648 views

Cara menggunakan mobil matic -  Bagaimanakah cara mengemudikan mobil matic yang benar, agar aman bagi pengendara dan transmisi matic tidak cepat rusak? Tenang, anda tidak perlu bingung. Mengemudi mobil otomatis, konon lebih mudah daripada mengendarai mobil transmisi manual. Namun, kurangnya latihan dan pengalaman mengemudi mobil otomatis berarti driver bisa membuat kesalahan yang akan membuat mengendalikan kendaraan rumit. Untuk membantu mengatasi masalah-masalah potensial dan menjelaskan dasar-dasar mengemudi kendaraan otomatis, saya  sekarang akan berbagi beberapa tips tentang cara menggunakan mobil matic otomatis.

Sebenarnya, cara mengemudikan mobil matic itu tidak susah, dan tidak berbeda dengan mengemudikan mobil manual. Letak perbedaannya hanya di bagian kopling dan perpindahan gigi secara otomatis.

 

Berikut cara menggunakan mobil matic.

cara-menggunakan-mobil-matic-untuk-pemula

 

  1. Pahami Peralatan Kemudi

Seperti yang Anda tahu, mobil otomatis Anda tidak memiliki pedal kopling. Jika Anda digunakan untuk mengendarai gigi mobil manual ini bisa menjadi masalah dari sudut pandang ergonomi, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu mengemudi setiap hari.

Tips yang baik tentang cara mengemudi mobil otomatis adalah bahwa, sebelum memulai, Anda harus menempatkan kaki kiri Anda di pijakan kaki sehingga Anda mendapatkan posisi yang nyaman dan Hindari terus mengangkat kaki Anda karena Anda dapat menyebabkan nyeri otot.

Anda sudah tahu bahwa mobil matic hanya memiliki pedal gas dan pedal rem. Jadi kita akan menggunakan kaki kanan keduanya, dan kaki kiri akan tetap diam saja.

  1. Pahami Arti Huruf pada panel Tuas

Sebelum belajar tentang cara menghidupkan mobil matic, anda harus tahu dulu makna huruf-huruf yang ada di tuas transmisi. Di dalam mobil otomatis Anda selektor gigi memiliki posisi sebagai berikut:

D (Drive). Untuk memulai dan bergerak.

P (parkir). Ketika Anda memarkir mobil atau kondisi mobil dalam berhenti lama

R (Reverse),. Mengemudi mundur.

N (Netral). Tidak ada gigi.

B (Rake / boost) menggunkan engine brake saar jalanan meurun atau menaikkan RPM saat jalanan naik.

Angka 3, 2 dan 1/L digunakan untuk melakukan overdrive transmisi mobil saat membutuhkan akselerasi, tenaga atau engine brake.

 

  1. Pastikan Posisi Tuas ada di Posisi “P”

Cara menghidupkan mobil yang pertama yaitu pastikan Untuk mengatur posisi tuas harus disimpan dalam 'P'. lalu Untuk memulai, tekan rem dan pindahkan selektor gigi ke  'D', dan dnegan lembut lepaskan pedal rem dibarengi dengan mematikan rem tangan. Lalu secara perlahan injak pedal gas, jika terlalu cepat maka akan berpengaruh pada bahan bakar mobil yang akan boros.

 

Selain cara menghidupkan mobil diatas ada salah satu fitur berkendara yang juga penting. Salah satu fitur berkandara yang penting sekarang ini yaitu lampu mobil depan.lampu mobil depan sendiri memiliki fungsi untuk membantu visibilitas mengemudi, terlebih lagi saat berkendara dimalam hari atau saat hujan deras. Maka anda perlu tahu tentang bagaimana cara menyalakan lampu mobil matic yang sederhana ini namun sangat penting untuk kita.

 

Berikut Cara Menyalakan Lampu Mobil Depan:

 

lampu-depan-mobil

 

  1. Temukan Kendali Lampu

panel lampu biasanya terletak di panel dasnor ataupun stir kendali dibagiann roda kemudi.

  1. Kenali tombol Mati

Biasanya, posisi tombol “mati” terletak disisi bagain bawah putaran ataupun sisi kiri jauh. Simbolnya biasanya lingkaran terbuka ataupun tulisan “off”.

  1. Putar Tombol Ke Sisi Yang Tepat.

Setelah menemukan tombol mati tersebut, maka putar dengan jari jempol dan jari telunjukmu sampai mendengar suara “klik”. Pengaturan-pengaturan ini biasanya dirtandai dengan symbol” yang berbeda.

  1. Cek Lampu Mobil

Langkah selanjutnya untuk cara menghidupkan lampu mobil adalah Cek hasil dari semua proses tadi. Perhatikan apakah lampu tadi bereaksi saat kita memutar tombol putar tadi. Anda juga bisa minta bantuan orang lain untuk membantu mengecek nya dengan cara berhenti di depan mobil ketika mobil berhenti, lalu minta pendapat orang tersebut dan cocokkan dengan pengaturan-pengaturan yang anda lakukan.

  1. Gunakan Pada Waktu Yang Tepat

Ketahuilah kapan anda bisa menggunakan lampu, anda bisa menggunakan lampu depan ketika jarak pandang anda berkurang, contohnya jarak pandang anda sekitar 150 sampai 300 meter saja.

author

Leave a reply "Cara Mudah Menggunakan Mobil Matic"