Mengenal Komponen Elektronika Transistor dan Fungsinya

No comment 812 views

Mengenal Komponen Elektronika - Komponen elektronika adalah suatu alat pendukung dalam rangkaian listrik yang bekerja sesuai denagn fungsinya. Komponen-komponen ini dipasang didalam PCB guna untuk membentuk sebuah rangkaian listrik.

Komponen elektronika memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah rangkaian,. Seiring perkembangan zaman, terdapat banyak jenis komponen elektronika, Salah satunya adalah transistor.

Transistor sendiri merupakan komponen elektro aktif yang memiliki peranan penting didalam dunia elektronik modern karena fungsinya. Transistor adalah alat semikonduktor yang baisa digunakan sebagai penguat, sirkuit penyambung maupun pemutus dan lainnya. berikut tentang Transistor komponen elektronika dan fungsinya:

Mengenal Komponen Elektronika Transitor dan Fungsinya

Fungsi transistor:

  • Sebagai penguat.
  • Sebagai penyambung dan pemutus (saklar / switch).
  • Meratakan arus.
  • Pembangkit frekwensi.
  • Modulasi sinyal.
  • Stabilitasi Tegangan, dan lainnya.

Macam – Macam Transistor

Transistor pada umumnya hanya dibagi menjadi dua jenis yaitu Transistor Bipolar (dua kutup) dan Transistor Unipolar (transistor efek medan/ FET).

1. Transistor Bipolar merupakan salah satu macam transistor yang paling banyak digunakan dalam suatu rangkaian elektronika. Transistor bipolar adalah transistor yang memiliki dua buah persambungan kutub. Transistor ini memiliki tiga kaki, yaitu Basis, Kolektor dan Emitor, serta dipisah menjadi dua aliran yaitu positif dan negative. Arus dialirkan dua tipe pembawa yaitu Elektron dan Holes yang kemudian dinamakandengan Bipolar.

Mengenal Komponen Elektronika Transitor dan Fungsinya

Ada dua tipe transistor bipolar yaitu tipe PNP dan NPN.

  • NPN adalah jenis transistor yang arah arus alirannya dari kolektor ke emitor. Untuk mengalirkan arus ini dibutuhkan sambungan ke sumber positif (+) pada kaki basis.
  • PNP adalah kebalikan dari NPN. Arus akan mengalir jika kaki basis diberi sambungan ke ground (-) hal ini yang menginduksi arus dari kaki emitor ke kolektor. Transistor ini mulai suit ditemukan karena sudah mulai jarang ditemukan.

2. Transistor Unipolar adalah transitor yang hanya memiliki satu buah sambungan kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif saja (P -N). 3 kaki transistor yang dimiliki oleh transistor unipolar adalah Drain, Source dan Gate. Cara kerja dari transistor ini adalah mengatur dan mengendalikan aliran elektron dari source meuju Drain melalui tegangan yang diberikan oleh Gate.Mengenal Komponen Elektronika Transitor dan Fungsinya

 

Demikian penjelasan singkat tentang macam-macam transistor, semoga artikel ini dapat berguan dan mempunyai manfaat yang lebih. terimakasih

author

Leave a reply "Mengenal Komponen Elektronika Transistor dan Fungsinya"