Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Transistor

No comment 912 views

Jenis-Jenis Transistor - Mengulas tentang transistor rasanya seperti mengulang materi pada saat di bangku sekolah, materi tentang seputar elektronika dan mengenal komponen serta mengenal fungsi dari komponen transistor. Transistor merupakan salah satu jenis komponen aktif yang terbuat dari bahan semi konduktor. Pada umumnya transistor memiliki 3kaki terminal yaitu anoda, katoda dan dioda.

Transistor merupakan salah satu komponen yang paling banyak digunakan pada rangkaian-rangkaian elektronika yang membutuhkan catu daya seperti Televisi, radio, dan amplifier. Maka dari itu fungsi transistor sangatlah penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Secara umum transistor terbagi menjadi dua yaitu transistor bipolar dan Transistor unipolar (FET).

Selain sebagai penguat arus listrik pada rangkaian elektronika, transistor juga bisa digunakan sebagai saklar. Caranya dengan memberikan arus listrik yang cukup besar pada kaki terminal sampai mencapai dengan titik jenuh. Pada kondisi seperti itu kolektor dan emitor sebagai kawat yang menutup saklar dan sebalikanya jika kedua terminal tersebut dialiri arus listrik yang kecil maka kolektor dan emitor menjadi saklar terbuka. Dibawah ini akan dipaparkan sedikit tentang jenis-jenis transistor beserta gambar transistor untuk membantu kamu yang ingin belajar tentang transistor.

 

jenis-jenis transistor

 

Berikut adalah jenis-jenis Transistor :

 

Transistor Unipolar

 

jenis transistor unipolar

gambar transistor unipolar

Transistor unipolar merupakan jenis transistor yang juga 3 kaki terminal yitu Drain(D), Source(S), dan Gate(G). cara kerja transistor unipolar adalah mengendalikan aliran electron dari Source (S) ke Drain (D) melalui tegangan yang diterima oleh terminal Gate (G). perbedaan antara transistor bipolar dengan unipolar adalah jika di transistor bipolar mengatur besar kecilnya arus listrik melalui kaki terminal Colektor ke Emitor atau sebaliknya melalui seberapa besar arus yang masuk ke terminal Basis, sedangkan pada transistor unipolar mengatur besar kecilnya alur listrik yang mengalir pada terminal Drain ke Source ataupun sebaliknya dengan seberapa besar tegangan yang diterima terminal Gate. Dalam transistor unipolar juga terbagi juga 3 jenis yaitu :

  1. Mosfet

Mosfet atau Metal Oxide Semiconduktor FET adalah jenis transistor unipolar yang mempunyai 3 terminal yaitu Drain,Source, dan Gate. Mosfet digunakan pada komponen elektronika seperti RF Amplifier pada receiver, karena harganya yang cukup tinggi.

  1. Field Effect Transistor (FET)

Kelebihan dari transistor ini adalah efek penguatnya yang lebih tinggi dari transistor transistor lainnya, karena transistor ini dipasang pada rangkain-rangkain yang mempunyi arus yang tinggi.

  1. Uni Junktion Transistor (UJT)

Uni Junktion Transistor adalah transistor yang memiliki satu kaki terminal emitor dan dua kaki terminal basis. Kegunaan dari transistor ini adalah untuk perpindahan elektronika.

Transistor Bipolar

jenis transistor bipolar

gambar transistor bipolar

 

Transistor bipolar merupakan jenis transistor yang hanya memiliki 2 buah persambungan kutub, kemudian transistor jenis ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu PNP dan NPN. Jenis transistor bipolar banyak kita jumpai pada rangkaian elektronika sebagai regulator arus daya atau listrik.

 

 

author

Leave a reply "Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Transistor"