Mengetahui Ciri-Ciri Hardisk Yang Rusak

No comment 421 views

Mengetahui ciri-ciri hardisk yang rusak. Mesti banyak dari kita pengguna IT mengalami masalah tentang hardisk yang rusak. Hardisk laptop rusak dapat mengganggu system kerja pada laptop kita. Hardisk senidiri memiliki fungsi untuk tempat penyimpanan data pada computer, baik data program maupun software kita.

Sebelum hardisk kita rusak dan tidak bisa digunakan sama sekali, ada beberapa ciri hardisk rusak yang bisa kita baca sehingga kita masih mempunyai waktu untuk membackup file-file penting kita yang tersimpan. Banyak sekali orang yang belum mengetahui ciri-ciri hardisk yang rusak. Kerusakan HDD tidak harus disamakan denagn kerusakan fisik hardisk, namun bisa juga terjadi karena suatu system yang error seperti bad sector, bad show, bad cluster dll. Untuk kerusakan fisik sendiri biasanya terjadi karena kabel hardisk yang sudah jelek dan ada beberapa bagian yang terbakar dan lainnya lagi.

 

mengetahui-ciri-ciri-hardisk-yang-rusak

 

Ciri-Ciri Hardisk Yang Rusak

Pada dasarnya, keruskan hardisk dibedakan menjadi 2 akibat, akibat pertama karena software dan akibat kedua dikarenakan hardwarenya.

  1. Kerusakan akibat Software

  • Hardisk sangat lama dalam proses loading, ini disebabkan Spindle yang ada didalam komponen hardisk mengalami eror dan hanya membaca di suatu tempat pada sector tertentu. Ciri hardisk laptop yang ini adlaah Blink lampu pada led hasrdisk berkedip yang berulang-ulang.
  • Hardisk sangat sulit untuk diformat, ciri hardisk rusak pada saat diformat yaitu ketika kita sudah melakukan pemformatan tapi ukutan hardisk tidak mengalami perubahan sama sekali, dan biasanya muncul tulisan gagal saat memformat. Hal ini disebabkan data yang di format tidak sepenuhnya mengalami pemformatan.
  • Ciri hardisk rusak akibat sorftware lainnya yaitu pada saat kita melakukan start up diawal muncul kode-kode aneh yang keluar. Hal ini dapat menyebabkan pc/laptop kita mengeluarkan kode-kode yang aneh.
  •  Ciri-ciri selanjutnya yaitu saat kita melakuakn proses pengkopian dan pembacaan file kita mengalami kesulitan. Ini dikarenakan cache pada hardisk kita mengalami trouble.
  • Muncul layar biru yang kosong atau lebih sering dikenal dengan istilah blue screen dan biasanya akan mengeluarkan bunyi seperti error.
  • Hardisk tiba-tiba menghilang dan mengakibatkan terjadinya gagal booting, dan setelah direestart biasanya akan muncul lagi disaat tertentu.

 

  1. Kerusakan akibat Hardware

  • Terjadi proses dimaan hardisk tidak akan merespon, ini bisa disebabkan karean hardisk tidak bisa terbaca atau terdeteksi sehingga hardisk akan mengeluarkan bunyi yang berisak dan aneh.
  • LED pada hardisk mengeluarkan cahaya namun tidak ada prosesblinking didalamnya.
  • Hardisk bisa mengalami overheat sehingga bisa menyebabkan laptop hank dan biasanya akan mengalamai restart sendiri,
  • Kinerja computer dan proses pengkopian computer snagatlah lemot, biasanya diakrenanakan konduktor pada chip mangalamai pemuaian yang melebihi batasnya.

 

Demikian merupakan beberapa ciri hardisk laptop yang rusak, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

author

Leave a reply "Mengetahui Ciri-Ciri Hardisk Yang Rusak"