Pengertian dan Fungsi Bridge Untuk Perangkat Jaringan Komputer

Fungsi Bridge – Bridge merupakan perangkat yang dapat menghubungkan jaringan computer LAN (Local Area Network) dengan jaringan local yang lain itu la pengertian bridge. Bridge mempunyai kelebihan yaitu dapat menghubungkan tipe jaringan computer yang berbeda seperti Ethernet dengan fast Ethernet.atau juga dapat menghubungkan tipe jaringan yang sama atau serupa. Alat ini bekerja pada data link layer model OSI (Open System Interconnnection) karena itu bridge bisa menyambungkan jaringan computer yang memakai metode tranmisi atau medium access control yang tidak sama atau berbeda. Bridge juga adalah sebuah alat yang bisa memperlajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya dan juga mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.

 

Pengertian dan Fungsi Bridge Untuk Perangkat Jaringan Komputer

 

Bridge juga bisa di bilang adalah sebuah jembatan yang menjembatani atar jaringan computer baik Ethernet maupun fast Ethernet.

Macam – macam Bridge

Secara garis besar bahwa ada tiga bridge yang digunakan secara umum atau paling sering digunakan untuk di gunakan pada perangkat jaringan computer dan juga membantu membagi serta menghubungkan satu jaringan ke jaringan yang lain. Nah berikut adalah jenis bridge yang di maksud :

  • Bridge Lokal

Yang di maksud Bridge Lokal adalah sebuah bridge yang menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain, yang ruang lingkupnya masih local alias daerah situ saja. Local dalam hal ini berarti masih dalam satu sistem jarinag bridge local lebih pendek dan sederhana.

 

  • Bridge Remote

Bridge Remote jangkauannya lebih luas ketimbangbridge local. Bridge renote menghubungkan LAN satu dengan LAN lainnya. Dari hubungan initerbentuk sebuah sistem yang di sebut dengan WAN atau Wide Area Network

 

  • Bridge Birkabel

Bridge nirkabel memiliki fungsi yang lebih rumit dan berat ketimbang dua bridge yang sebelumnya, bridge Nirkabel ini bertugas menghubungkan jaringan LAN kabel dengan LAN nirkabel atau berbeda media yang kneksinya menggunakan sistem wireless

Fungsi Bridge yang harus lamu tahu

Adapun fungsi dari bridge si antaranya sebagai berikut di bawah ini :

  • Bridge dapat berfungsi menghubungkan 2 buah jaringan computer LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu jaringan LAN yang lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa Bridge.

 

  • Bridge juga dapat menghubungkan beberapa jaringan computer yang terpisah, baik itu jaringan yang sama atau pun yang berbeda.

 

  • Bridge juga dapat berfungsi sebagai sebuah router pada jaringan computer yang luas, hal ini seperti inisering di namakan dengan istilah “Bridge-Router”. Lalu bridge juga dapat men-copy frame data yaitu dari suatu jaringan yang lain, dengan alasan jaringan itu masih terhubung dan masih banyak lagi fungsi lain dari sebuah Bridge.

 

Prinsip dan cara kerja Sebuah Bridge

Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap titik atau setiap node yangterdapat pada masing – masing segmen jaringan computer, dan hanya memperbolehkan lalu lintas data yang memang di butuhkan untu melintasi bridge. Saat menerima sebuah paket data, bridge akan menentukan segmen tujuan dan juga sumbernya. Kalau segmen sama, paket data aakan di tolak dan akan kalau segmen tidak sama atau berbeda paket – paket data akan di teruskan ke segmen yang di tuju. Dengan begitu sebuah bridge dapat mencegah pesan rusak supaya tidak menyebar keluar dari satu segmen  ke segmen yang lainnya.

Bridge merupakan alat yang berbeda pada physical layer dan data link layer, sehingga dapat mempengaruhi jaringan LAN jika sering terjadi komunikasi yang berbeda di jaringan LAN yang tidak sama atau berbeda yang terhubung oleh bridge.nah itulah prinsip dari sebuah bridge.

author

Leave a reply "Pengertian dan Fungsi Bridge Untuk Perangkat Jaringan Komputer"