Pengertian dan Fungsi Hub pada Perangkat Komputer

No comment 657 views

Pengertian HUB | Kamu sudah tahu apa itu HUB ? Hub Merupakan Sebuah keras yang berfungsi sangat penting dalam jaringan computer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar computer sehingga jika Hub mengalami sebuah kerusakan maka bisa di pastikan seluruh jaringan computer akan terganggu bahkan akan terputus tanpa kita sadari. Dari segi kegunaan, Hub memang bisa di bilang hal yang sedikit kurang penting dan pasti kamu juga baru tahu apa itu, Hub memang tidak krusial jika itu di gunakan untuk perorangan atau untuk individual karena memang kalau di gunakan untuk perorangan Hub gak ada gunanya, akan tetapi jika di gunakan pada banyak orang sebuah Hub akan sangat berpengaruh jika di gunakan untuk sebuah warnet atau sebuah perusahaan serta juga di gunakan di berbagai perangkat jaringan komputer lainnya Maka jika kita asal – asalan dan sembarangan dalam memasang at     au perakitan bisa saja di kemudian hari akan terjadi eror bahkan akan terjadi kerusakan baik dari Hub atau bahkan bisa merusak PC yang terhubung dengan HUB yang mengalami kerusakan.

 

Pengertian dan Fungsi Hub pada Perangkat Komputer

 

Secara umum Hub memang mengacu pada perangkat keras yang memungkinkan dapat menghubungkan beberapa perangkat atau koneksi untuk saling di hubungkan ke tiap computer dan saling terhubung dalam koneksi internet. Contoh saja Hub USB yang memungkin beberapa perangkat USB untuk di hubungkan ke satu computer, dan meskipun komputer yang mungkin hanya memiliki beberapa koneksi USB.

 

Setelah di atas sudah di paparkan pengertian hub sekarang apa sih fungsi utama dari Hub ? Fungsi utama Hub yaitu sebuah perangkat keras yang berguna sebagai penerima sinyal dari suatu computer dan berfungsi sebagai titik pusat yang dapat menghubungkan semua perangkat computer dalam jaringan tersebut, selain itu Hub juga berfungsi dan berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

 

Hub sebagain besar di gunakan untuk menghubungkan segmen dari LAN, sebuah Hub berisi port. Jadi ketika paket tiba di satu port, itu akan di salin ke port lainnya sehingga semua segmen LAN bisa melihat semua paket. Dari fungsi utama Hub, Hub bisa di bedakan jadi 2 macam, yaitu :

 

  • Hub Pasif

Hub pasif adalah hub yang berfungsi sebagai pemecah atau pembagi jaringan akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik penambahan. Jadi yang di sebut Hub pasif adalah termasuk fitur tambahan yang memungkinkan administrator untuk memonitor lalu lintas yang sedang melewati hub dan serta berguna untuk mengkonfigurasi setiap port di Hub.

 

  • Hub Aktif

Hub yang ini bukan kebalikan dari Hub pasif ya, Hub aktif befungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan sebagai penguat siyal dalam sebuah jaringan, akan tetapi Hub aktif akan bekerja jika ada tenaga listrik jadi Hub aktif hanya dapat di gunakan jika teraliri listrik saja.

 

Hub pada dasarnya yaitu sebuah pemisah sinyal (signal Splitter), akan tetapi pada saat ada satu paket yang masuk ke port di Hub, maka akan tersalin ke port yang lain di Hub yang sama dan semua computer yang sedang tersambung di Hub yang sama - sama bisa membaca paket tersebut.

 

Selain Hub memiliki jenis ternyata Hub juga memiliki kekurangan dan kelebihanya sendiri :

 

  • Kelebihan Hub
  1. Hub dapat di golongkan dalam layer 1 dalam OSI Model (Physycal layer)
  2. Hub juga memiliki banyak port, dan masing – masing port dapat di konfigurasi
  3. Pengguna HUB dapat melakukan sharing pada jaringan yang sama pada saat itu juga.

 

  • Kekurangan Hub
  1. Hub tidak mampu membaca paket – paket data
  2. Hub tidak dapat mengetahui sumber dan tujuan data
  3. Kecepatan komunikasi lainnya harus di bagi dengan computer yang sedang melakukan sharing.

 

Jadi Hub mampu menghubungkan dan berfungsi sebagai penguat sinyal dalam jaringan computer dan sebagai titik pusat penghubung jaringan komputer

author

Leave a reply "Pengertian dan Fungsi Hub pada Perangkat Komputer"