Pengertian dan Fungsi Repeater Pada Jaringan Komputer

No comment 720 views

Pengertian Repeater ? Kamu baru masuk di dunia computer khususnya jaringan, oleh sebab itu kamu harus kenalan dengan yang satu ini. Ya namanya adalah Repeater namanya memang agak asing tapi kamu akan suka dengan benda yang satu ini. Repeater secara umum atau secara harfiah adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang biasanya di gunakan untuk membantu akses jaringan internet.

Namun secara Bahasa Repeater berasal dari Bahasa inggris ‘repeat’ yang berarti pengulangan.jadi jika di artikan dari suku kata maka arti repeater adalah sebuah pengulang kembali. Dan jika di sempurnakan dalam suatu Bahasa, tentu repeater ialah alat yang berguna untuk mengulang dan menambahkan kembali signal ke daerah sekitar perangkat ini.

Pengertian dan Fungsi Repeater Pada Jaringan Komputer

Dan apabila di kaji dengan cara Bahasa teknis, maka pengertian repeater adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menguatkan signal. Dengan repeater, signal yang lemah maka signal tersebut bisa di maksimalkan daya jangkaunnya sehingga bisa di pakai untuk wilayah atau daerah yang lebih luas jadi cocok bagi kamu yang suka berbagi. Dan alat ini juga sangat berguna ketika computer kamu susah menerima signal maka dengan repeater ini maka signal di suatu daerah bisa di maksimal agar bisa memadai jangkauannya dan lebih maksimal lagi.

Cara Kerja dan Contoh Repeater

Sebagai sebuah pembagi dan juga pengulang maka cara kerja repeater adalah yaitu untuk menyebarkan ke seluruh jaringan walaupun data tersebut tidak di perlukan maka akan tetap tersebar ke seluruh jaringan, penyebaran data tersebut kinerjanya akan menurun atau aksesnya lambat apabila semakin banyaknya pemberhentian signal (station) dan meningkatnya traffic data.

Repeater biasanya di pasang di titik – titik tertentu untuk memperbaharui transmisi sinyal yang datang agar kondisi sinyal seperti saat di sebarkan pertama kali, sebagai contoh repeater ialah HUB, HUB juga sering di sebut sebagai multiport / modular.

Fungsi – Fungsi Dari Repeater pada Perangkar Jaringan Komputer

Sebuah Repeater memiliki banyak fungsi selain untuk memperluas jangkauan sinyal, sebuah repeater juga memberi kenyamanan bagi kamu yang berkerja di gedung perkamtoran yang tinggi serta naik. Pada zaman dulu sebelum adanya repeater apabila sinyal kamtor yang ada di lantai atas sangat lemah dan bahkan sulit untuk menerima sinyal sehingga sangat menghambat knierja sebuah perusahaan yang memiliki gedung pencakar langit.

Dalam skala besar ini akan sangat bermasalah dimana sebuah perusahaan yang sedang ingin berproduktifitas justru harus bangkrut lantaran terkendala oleh signal yang buruk serta tidak stabil. Bah berikut adalah fungsi utama sebuah repeater yang berguna untuk menyokong jaringan dari sebuah bangunan yang tinggi bahkan jauh.

  • Memperluas Area Jangjauan Signal

Memperluas Jaringan signal adalah fungsi yang paling utama di  miliki oleh sebuah repeater, banyak orang membeli repeater untuk hal ini di sebabkan keterbatasan jarak dari pemancar nirkable atau jauh dari jangkauan WiFi. Sebuah repeater kurang berguna jika di gunakan untuk sebuah café atau sebuah kantor yang berskala kecil karena menurut mereka iru tidak terlalu penting karena meski tidak adanya sebuah repeater maka produktifitas karyawan pun tetap sama dan tidak mengalami peningkatan.

 

Namun akan sangat berguna jika di gunakan untuk perkantoran yang menengah dan besar karena dengan bantuan repeater maka produktifitas karyawan akan sangat berpengaruh bahkan akan mengalami pengingkatan.

 

 

  • Hemat Biaya

Ya ini akan sangat menghemat pengeluaran anda sebagai seorang boss bayangkan kalau tidak ada repeater mau jadi apa perusahaan kamu, pasti akan sangat tidak produktifitas banget. Karena kalau kamu menggunakan sebuah repeater maka kamu tidak perlu memasang jarinngan baru alias kamu hanya menggunakan sebuah repeater untuk menyalurkan jaringan (ini dalam satu area) wah bukanya itu akan sangat membantu kamu?

 

perangkat jaringan komputer

  • Hemat Waktu

Bagaimana tidak menghemat waktu karena kalau pemancar signal berada di bawah tanah sehingga di lantai atas tentu tidak akan kebagian signal pemancar, maka pasang repeater di tengah – tengah gedung antara lantai bawah dan lantau atas akan tetapi lebih baik jika posisi repeater dekat – dekat dengan pemancar. Jarak tempuh sinyal repeater yaitu sejauh mata kita memandang (Line Of Sight) yang artinya repeater juga dapat menembus antar lantai, dengan kata lain itu akan menghemat banyak waktu. Jadi kamu tidak perlu mengambil data kelantai jika bos berada di atas.

 

perangkat jaringan komputer

Incoming search terms:

  • tujuan pemasangan repeater pada jaringan komputer
  • tujuan pemasangan repe
  • tujuan pemasangan repeater pada jaringan komputer adalah
author

Leave a reply "Pengertian dan Fungsi Repeater Pada Jaringan Komputer"