Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

No comment 686 views

Cara Mengatasi Laptop Lemot.  Laptop kamu lemot?  Ya, ini merupakan permasalah umum pada laptop atau computer adalah kinerja nya yang lemot dan seringkali merugikan penggunanya. Banyak pekerjaan yang akhirnya terbengkalai gara-gara kinerja laptop kita yang lemot.

Penyebab laptop lemot kerap kali ditelusuri oleh pengguna untuk mengetahui masalah tersebut. Nah setelah mengetahui penyebabnya apakah kita tahu juga bagaimana cara mengatasinya? Tenang. Ulasan kali ini akan membahas tentang penyebab laptop lemot  dan cara mengatasi Laptop yang Lemot. Cekidot 😀

penyebab-laptop-lemot-dan-cara-emngatasi

 

Penyebab laptop lemot:

  • File temp yang terlalu besar

Temp (temporary files) merupakan beberapa data yang tersimpah setelah kita mengakses internet atau melakukan kegiatan pada laptop kita. Ketika folder ini sudah danagt besar. Maka hal ini akan membuat laptop kita lemot.

  • Terlalu banyak program yang terinstall

Terkadang kita tidak memperhatikan hal ini. Kita sering menginstall program-program yang tidak berguna pada laptop kita. Akibatnya laptop kita akan menajfi lambat saat kita pertama kali menghidupkan laptop karena kebanyakan aplikasi yang terinstall.

  • Virus menyerang

Hal ini dpat menyebabkan laptop lemot dan laptop kita mengalami kerusakan. Missal saat kita sedang berseluncur didunia maya, virus biasanya otomatis mengunduh file-file yang tidak resmi dan hanya memberatkan laptop kita.

  • Antivirus terlalu banyak

Karena menyikapi serangan virus. Kadang kita malaah memasang proteksi yang berlebihan ke laptop kita. Seperti halnya memasang antivirus yang banyak. Hal ini malah menyebabkan kerugian ke perangkat kita.

  • Kapasitas RAM kecil

Kapasitas memori kita dapat mempengaruhi seluruh kinerja dari laptop kita. Jiak kita memiliki kapasitas RAM yang kecil, lama kelamaan laptop kita akan mengalami penurunan kinerja. Dan akhirnya laptop akan melambat.

 

Sebenernya masih banyak lagi hal-hal yang bisa menyebabkan laptop lemot.  Nah setelah mengetahu beberapa penyebab laptop lemot. Dibawah ini juga ada beberapa cara agar laptop tidak lemot. Lansung saja baca tips dibawah ini.

 

Tips mengatasi laptop yang lemot:

  • Bersihkan Junk File

Karena banyak sekali program yang kita jalankan. maka jangan lupa untuk membersihkan file-file yang tidak perlu seperti temporary files ataupun cookies, hal ini cukup maksimal untuk membantu mengembalikan kinerja laptop kita.

  • Uninstall Program Yang Tidak Diperlukan

Karena program-ptogram tersebut membutuhkan resource memory yang tidak sedikit pada laptop kita, alangkah baiknya kita uninstall bebrapa program yang tidak kita perlukan. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan alokasi memori.

  • Upgrade RAM dan Kapasitas Hardisk

Ada baiknya kita melakukan upgrade RAM dan Kapasitas hardisk. Hal ini untuk membantu kinerja dalam menjalankan atau mengeksekusi sebuah perintah yang diberikan.

  • Bersihkan Bagian Dalam Laptop Kita

Debu yang menumpuk didalam bagian laptop juga dapat mempengaruhi kinerja laptop kita. Karean debu-debu tersebut dapat menghambat sirkulasi udara didalam laptop menajadi buruk. Oleh itu bersihkan bagian dalam laptop terutama bagian fan dan ram.

  • Reinstall Sistem Operasi

Ini adalah solusi terakhir jika semua semua solusi diatas masih belum berhasil. Dengan menginstall ulang system operasi, laptop kita akan kembali fresh lagi.

author

Leave a reply "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot"