Rangkaian Transistor Sebagai Saklar Dan Cara Kerjanya

No comment 2675 views

Cara Kerja Transistor - Selain bekerja sebagai penguat arus, fungsi lain transistor yaitu transistor sebagai saklar. Bila transistor berada pada dua daerah kerjanya  yaitu daerah jenuh dan daerah mati maka fungsi transistor adalah sebagai saklar.

 

rangkaian-transistor-sebagai-saklar-dan-cara-kerjanya

 

Pada dasarnya, prinsip cara kerja transistor sebagai saklar adalah meanfaatkan kondisi jenuh dan cut-off pada transistor. Kondisi saturasi atau jenuh diperoleh jika kaki basis transistor diberi arus yang cukup besar sehingga transistor mengalami jenuh dan bisa berfungsi sebagai saklar yang tertutup.

Sedangkan untuk kondisi cut-off diperoleh ketika arus basis diberi arus yang sangat kecil dan bahkan mendekati nol ampere, sehingga transistor bekerja layaknya saklar yang terbuka. Atau juga dimana keadaan transistor menyumbat pada hubungan kolektor-emitor. Daerah cut-off sering juga dikatakan sebagai daerah mati karena daerah kerja ini transistor tidak dapat mengalirkan arus dari kolektor ke emitor.

Fungsi transistor sebagai saklar sangatlah berbeda dengan fungsi transistor sebagai penguat.  Berikut adalah contoh rangkaian transistor sebagai saklar.

 

rangkaian-transistor-sebagai-saklar-dan-cara-kerjanya

 

Rangkaian diatas terdapat satu buah lampu yang diibaratkan sebuah beban. Satu buah transistor NPN akan menggantiakn fungsi kerja suatu saklar. Dan potensiometer digunakan supaya kamu bisa melakukan Analisa pada kondisi arus basis yang berbeda-beda denga melakukan variasi kondisi dari potensio tersebut.

Arus basis akan menajdi besar ketika potensi meter kita putar, dan kolektor-emitor transistor tersebut akan bekertja seperti kawat yang terhubung. Dan dalam kondisi ini lampu akan menyala. Pada transistor bahan silicon, tegangan basis emitor (Vbe) tidak lah kurang dari 0,7 volt. Jika kita terlalu besar menggunakan arus pada basis, hal ini akan merusak transistor. Oleh karena itu gunakan tahanan basis atau resistor sebagai pencegah arus berlebih. Karena jika potensio kita putar hingga kondisi resistansinya nol ohm, maka sama halnya kita menghubungkan basis dengan supli 9 volt langsung. Dan hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada transistor.

Demikian pembahasan tentang transistor sebagai saklar. Semoga dengan membaca artikel in membuat kamu bisa memahami fungsi-fungsi transistor lainnya.

 

Incoming search terms:

  • cara kerja transistor
author

Leave a reply "Rangkaian Transistor Sebagai Saklar Dan Cara Kerjanya"